Lockheed SR-71 adalah sebuah pesawat pengintai strategis jarak jauh berkecepatan Mach 3 yang berawal dari pesawat model
A-12 dan
YF-12 yang dibuat oleh
Lockheed Skunk Works. SR-71 secara tidak resmi dijuluki 'Blackbird' dan dipanggil Habu (nama ular) oleh para awak penerbangnya. Clarence "Kelly" Johnson bertanggung jawab atas berbagai inovasi di konsep desain pesawat canggih ini. Keungulan dalam pertahanan pesawat ini adalah kecepatan terbang dan tingginya daya jelajah, dimana jika sebuah peluru kendali
darat ke udara terdeteksi, tindak pengelakan yang standar adalah menambah kecepatan. Tipe SR-71 digunakan antara
1964 sampai
1998, dimana 12 dari 32 pesawat rusak akibat berbagai kecelakaan, tetapi tidak satupun hilang ketangan musuh.
[sunting] Spesifikasi (SR-71A)
Karakteristik umum
- Kru: 2
- Payload: 3,500 lb (1,600 kg) of sensors
- Panjang: 107 ft 5 in (32.74 m)
- Lebar sayap: 55 ft 7 in (16.94 m)
- Tinggi: 18 ft 6 in (5.64 m)
- Area sayap: 1,800 ft2 (170 m2)
- Berat kosong: 67,500 lb (30,600 kg)
- Berat terisi: 170,000 lb (77,000 kg)
- Berat maksimum lepas landas: 172,000 lb (78,000 kg)
- Mesin: 2× Pratt & Whitney J58-1 continuous-bleed afterburning turbojets, 32,500 lbf (145 kN) masing-masingWheel track: 16 ft 8 in (5.08 m)
- Wheel base: 37 ft 10 in (11.53 m)
- Aspect ratio: 1.7
Performa
- Kecepatan maksimum: Mach 3.2+ (2,200+ mph, 3,530+ km/h, 1,900+ knots) at 80,000 ft (24,000 m)
- Jarak jangkau: 2,900 nmi (5,400 km)
- Jarak jangkau ferri: 3,200 nmi (5,925 km)
- Batas tertinggi servis: 85,000 ft (25,900 m)
- Laju panjat: 11,810 ft/min (60 m/s)
- Beban sayap: 94 lb/ft² (460 kg/m²)
- Dorongan/berat: 0.382
SR-71 Blackbird
| SR-71A flown by NASA’s Ames-Dryden Flight Research Facility (later, Dryden Flight Research Center), Edwards, California, cruises over the Tehachapi Mountains during a September 1992 flight.
| A Boeing KC-135Q Stratotanker (59-1513) refueling an Lockheed SR-71.
|
Crew of a NASA Lockheed SR-71 Blackbird.
| Excerpt of illustration showing Mach 3 airflow.
| |
NASA’s SR-71 streaks into the twilight with full afterburner on the first night/science flight from the Dryden Flight Research Facility.
| An air-to-air overhead front view of an SR-71A strategic reconnaissance aircraft.
| A diagram showing the airflow patterns in the Pratt & Whitney J58 engine of the SR71 Blackbird as the speed increases from zero to Mach 3.2.
|
Lockheed SR-71 landing with drag chute
| SR71 production at Lockheed Skunk Works
| |
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar